Desain Grafis

Desain Grafis
Desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa (seperti islustrasi, foto, tulisan, dan garis) diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografis atau media lainnya, seperti gambar atau tipo grafis. Desain grafis didefinisikan sebagai “aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”. Aplikasi-aplikasi ini dapat meliputi periklanan dan penjualan produk, menciptakan identitas visual untuk institusi, produk perusahaan, lingkungan grafis, desain informasi, dan secara visual menyempurnakan pesan dalam piblikasi.

Secara garisa besar, desain grafis dibedakan menjadi beberapa kategori :

1.    Printing (percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamplet, periklanan, dan publikasi yang sejenis.
2.    Web Desain : desain untuk halaman web.
3.    Film, termasuk CD, DVD, dan CD multimedia untuk promosi.
4.    Identifikasi (logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain interior, desain industri, dan arsitek taman.
5.    Desain produk, pemaketan, dan sejenisnya.

Program pengolah grafis dibagi menjadi beberapa kategori, maka sarana untuk mengolah pun berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan tujuan pembuatan karya. Semua objek yang diolah dalam program dianggap sebagai kombinasi beberapa titik atau pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Gambar atau foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, tetapi tetap dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang di import dari program pengolah vector atau garis, setelah diolah dengan program pengolah secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel atau titik.

Aplikasi yang digunakan dalam desain grafis digital printing, hanya memanfaatkan software Photoshop dan CorelDraw. Seiring perkembangan software olah gambar yang semakin maju, olah gambar yang dihasilkan pun akan mempunyai nilai seni tinggi tidak sekadar tergantung pada software itu sendiri, tetapi tergantung pula pada kreativitas dan imajinasi desainer dalam menuangkan ide dalam gambar.

Secara garis besar, desain grafis di bedakan menjadi beberapa kategori :

- Printing (percetakan) yang memuat desain buku, majalah, poster, booklet, leaflet, flyer, pamflet, periklanan, dan publikasi lain yang sejenis.
- Web desain : desain untuk halaman web,
- Film, termasuk CD,DVD, dan CD multimedia untuk promosi.
-Identififkasi (logo), EGD (Environmental Graphic Design) : merupakan desain profesional yang mencakup desain grafis, desain arsitek, desain interior, desain industri, dan arsitek taman.
- Desain produk, pemaketan, dan sejenisnya. 

Tidak ada komentar

Leave a Reply